Salah satu profesi yang berhubungan erat dengan dunia pariwisata adalah seorang tour leader atau pemimpin tour. Di Jogja agen wisata biasanya akan menggunakan seorang tour leader untuk memimpin rombongan wisatawan yang datang dalam jumlah besar. Apalagi jika mereka sewa bus wisata Jogja untuk membawa wisatawan. Profesi ini membutuhkan keahlian khusus karena harus melayani tamu agar wisatawan bisa menikmati perjalanan dan memastikan bahwa perjalanan menjadi lancar dan terkendali. Tidak jarang seorang tour leader harus dihadapkan dengan berbagai macam masalah saat menangani sebuah tour seperti jadwal yang tidak pasti, tamu yang banyak maunya, rumah makan penuh, atau masalah-masalah lainnya. Oleh karena itu mereka harus memutar otak agar semuanya tetap terkendali. Berikut suka duka seorang tour leader:  

1. Jam Karet

Pada umumnya wisatawan sulit untuk mengikuti jadwal yang telah dibuat oleh agen wisata karena banyak faktor. Contohnya perjalanan seharusnya dimulai pukul 07.30 tetapi wisatawan baru kumpul dan berangkat pukul 09.00. Tentu keterlambatan jadwal akan membuat estimasi wisata menjadi berubah. Karena masalah tersebut seringkali jadwal lainnya menjadi terlambat bahkan kacau. Saat di objek wisata pun terkadang wisatawan tidak disiplin dengan waktu yang ditentukan yang membuat semuanya menjadi terlambat.Seorang tour leader harus pandai menjelaskan kepada wisatawan mengenai masalah tersebut agar wisatawan tidak kecewa dan salah sangka. 

2. Merubah Tujuan Wisata

Kadang kalau wisatawan meminta sesuatu yang tidak sesuai dengan kesepakatan seperti meminta ke sebuah objek wisata yang tidak ada dalam perjanjian atau meminta merubah rute perjalanan secara mendadak sehingga tour leader harus menjelaskan dengan baik mengenai hal tersebut. Tour leader harus berkomunikasi dengan agen tour mengenai masalah tersebut dan jika dari pihak agen mengizinkan maka tour leader harus memeras otaknya untuk mencari rute yang pas dan memperkirakan estimasi waktunya agar tour tidak menjadi kacau karena seringkali objek wisata yang diminta terlalu jauh atau waktunya tidak maksimal. 

Info mengenai souvenir khas Jogja bisa Anda baca di link ini.

3. Menghadapi Tamu yang Sok Tahu

Sering kejadian di dalam rombongan wisatawan terdapat orang yang sok tahu. Dia seakan tahu rute perjalanan dan objek-objek wisata yang ada sehingga semaunya merubah jadwal. Padahal dalam kenyataan belum tentu seperti yang dia bayangkan dan kacaunya lagi jika wisatawan yang sok tahu ini memprovokasi wisatawan lainnya untuk mengikuti keinginannya. Jika kejadian ini terjadi maka tour leader harus bisa meyakinkan kalau perjalanan akan baik-baik saja jika mengikuti itinerary yang telah ditentukan. Tentu hal itu menyulitkan apalagi jika sewa bus Jogja karena beberapa objek wisata tidak bisa dilalui oleh bus besar.

Demikian sebagian kecil suka duka sebagai seorang tour leader. Masih banyak lagi suka duka yang ada dan akan kami jelaskan di lain kesempatan. Semoga tulisan diatas bisa memberikan sedikit gambaran mengenai profesi tour leader.